Sabtu, 19 Februari 2011

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)



Nama Sekolah                       : SMA Negeri 1 Ciampea
Mata Pelajaran                      : Sosiologi
Kelas/Semester                     : XII (sebelas)/2 (dua)
Pertemuan ke                         : 1
Alokasi Waktu                       : 1 x 25 menit
Standar Kompetensi              : Memahami teknik pengumpulan dan analisis data penelitian
Kompetensi Dasar                 : Menganalisis teknik pengumpulan data dan analisis data penelitian 
                                                  berdasarkan pendekatan penelitian
Indikator                                :
  1. Mengidentifikasi teknik pengumpulan data berdasarkan pendekatan penelitian
  2. Mengelompokkan hasil analisis penelitian berdasarkan pendekatan penelitian

Tujuan Pembelajaran
Siswa mampu
  1. Mengidentifikasikan teknik pengumpulan data berdasarkan pendekatan penelitian  
  2. Membandingkan hasil analisis penelitian berdasarkan pendekatan penelitian
Materi Pembelajaran
1.      Mengumpulkan Data Penelitian
·         Dalam penelitian kualitatif, ada beberapa teknik pengumpulan data yang biasa digunakan oleh para peneliti, khususnya di bidang ilmu-ilmu sosial dan budaya, di antaranya yang paling umum dan sering digunakan adalah teknik wawancara (interview), observasi, dan analisis dokumen.
·         Dalam penelitian kuantitatif, teknik pengumpulan data salah satunya menggunakan kuesioner. Informasi yang dihasilkan oleh kuisioner terbagi dua, yaitu informasi tentang fakta dan opini jenis pertanyaan yang dapat digunakan dalam kuesioner, yaitu pertanyaan terbuka, pertanyaan tertutup dan pertanyaan semi terbuka. Ragam pertanyaan yang ada, yaitu pernyataan dengan jawaban “ya” atau “tidak”, pertanyaan setuju atau tidak setuju.
2.      Analisis Data Penelitian
·         Data kuantitatif
Jenis data kuantitatif
-          Data diskret : data yang dikumpulkan untuk mengukur fenomena sosial yang utuh sebagai suatu kesatuan. Utuh berarti fenomena sosial yang diukur tidak berupa angka desimal. Contohnya, nama, jenis kelamin, dan alamat.
-          Data kontinu : data mengenai berbagai fenomena sosial diukur dengan pecahan angka decimal. Contohnya, berat badan, tinggi badan dan satuan panjang.
Analisis data kuantitatif
-          Tahap menyiapkan data : coding dan grouping
-          Tahap mempresentasikan data : data dapat disajikan dalam bentuk table dan grafik (pie chart, bar chart dan sebagainya)
·         Data kualitatif
Analisis data dalam penelitian kualitatif berlangsung dalam dua tahap, yaitu tahap persiapan dan analisis data. Tahap persiapan meliputi persiapan format data yang dikumpulkan. Dalam penulisan data mentah, peneliti sebaiknya menyediakan margin kososng disebelah kanan untuk mempermudah peneliti dalam menganalisis data. Selanjutnya, peneliti melakukan analisis terhadap data yang dikumpulkan. Tahap analisis data ini meliputi kegiatan kategorisasi terhadap data, kembali ke lapangan untuk melakukan cross check dan melakukan kategorisasi terhadap hasil yang diperoleh.

Metode Pembelajaran
  • Ceramah
  • Problem Based Introduction
Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
  1. Kegiatan Awal
·         Guru mempersiapkan proses pembelajaran antara lain media, sumber belajar dan materi yang akan di ajarkan.
·         Appersepsi (mengaitkan materi pembelajaran yang lalu dengan materi yang akan dipelajari)
·         Guru memberikan motivasi kepada siswa dengan siswa mendengarkan maksud dari pembelajaran tentang teknik dan analisis data penelitian
B.     Kegiatan Inti
1.      Eksplorasi
·         Guru mempersiapkan tugas untuk mempelajari pembelajaran yang akan dibahas
·         Siswa mencari jawaban atas tugas yang diberikan dari berbagai sumber belajar
2.      Elaborasi
·      Guru menjelaskan kompetensi yang ingin dicapai dan menyebutkan sarana atau alat pendukung yang dubutuhkan. Memotivasi siswa untuk terlibat dalam aktivitas pemecahan masalah yang dipilih
·      Guru membantu siswa mendefinisikan dan mengorganisasikan tugas belajar yang berhubungan dengan masalah tersebut
·      Guru mendorong siswa untuk mengumpulkan informasi yang sesuai, eksperimen untuk mendapatkan penjelasan, pengumpulan data, hipotesis pemecahan masalah
·      Guru membantu siswa dalam merancang menyiapkan karya yang sesuai seperti laporan dan membantu mereka berbagi tugas dengan temannya
·      Guru membantu siswa untuk melakukan refleksi atau evaluasi terhadap eksperimen mereka dan proses-proses yang mereka gunakan
3.      Konfirmasi
·      Meninjau ulang proses pembelajaran bersama-sama dengan siswa
·      Mengoreksi kembali materi pembelajaran
  1. Kegiatan Akhir
·      Membuat kesimpulan dengan melibatkan siswa
·      Memberikan tugas sebagai tindak lanjut


Sumber/ Bahan/ Alat Belajar
  • Buku Sosiologi Kontekstual Kelas XII, Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional halaman 100-105
  • LKS Utama Sosiologi kelas XII semester 2, Widya Utama halaman 26
  • Papan tulis
Penilaian
a.       Tes tertulis

Rumah Singgah sebagai Lembaga Pendidikan Luar Sekolah bagi Anak Jalanan

ABSTRAK
Skripsi ini mengambil tema pendidikan luar sekolah yang dilakukan oleh rumah singgah dan ditunjukkan bagi anak-anak jalanan. Penelitian ini bertujuan memberikan gamabaran mengenai usaha/kegiatan pendidikan luar sekolah yang dilakukan oleh rumah singgah, faktor-faktor pendukung dan penghambat pelaksanaan usaha pendidikan luar sekolah, dan manfaat yang diperoleh anak jalanan dari usaha pendidikan luar sekolah yang dilakukan oleh rumah singgah.
Penelitian ini bermanfaat deskriptif. Data primer diperoleh dari wawancara tersetruktur yang dilakukan terhadap pengurus kedua rumah singgah dan anak jalanan binaan kedua rumah singgah, wawancara tak berencana, wawancara sambil lalu dan hasil-hasil observasi. Selain itu, ditunjang pula dengan data sekunder berupa buku, artikel, dan data dari penelitian sebelumnya menjadi penunjang penelitian yang dilakukan.
Dari hasil penelitian yang dilakukan, diketahui bahwa kedua rumah singgah tersebut telah melakukan usaha pendidikan luar sekolah terhadap anak binaannya. Usaha yang dilakukan dikedua rumah singgah tersebut menggunakan pola pendekatan yang berbeda. Namun, pada dasarnya berbagai usaha pendidikan tersebut bertujuan untuk membentuk human capital, pada setiap anak binaan. Mereka diharapkan menjadi lebih produktif dan mandiri sehingga terbuka kesempatan bagi mereka untuk melakukan mobilitas vertikal. Kesempatan anak-anak binaan untuk menyelesaikan berbagai masalah dan kemudahan pencapaian tujuan, yaitu peningkatan human capital akan semakin besar bila mereka dapat memanfaatkan modal sosial yang terbentuk dalam hubungan sosialnya dengan keluarga. Rumah singgah dan mitra kerja sama rumah tangga singgah yang di dalamnya terdapat norma, kepercayaan dan harapan yang telah dipenuhi pelaksanaannya. Usaha pendidikan luar sekolah yang dijalankan di kedua rumah singgah dipengaruhi oleh faktor pendukung dan penghambat yang berbeda antara satu rumah singgah dengan rumah singgah yang lain.
(Sumber: Maheswari C.P., Skripsi Sarjana program Studi Sosiologi Universitas Indonesia)

No
Butir Soal
Skor
1.
Pendekatan apa yang digunakan dalam penelitian tersebut ? Berikan alasanmu.
20
2.
Apa tujuan dilakukannya penelitian tersebut ?
15
3.
Pertanyaan penelitian apa yang sebaiknya diajukan ?
25
4
Siapa partisipasi dalam penelitian tersebut ?
15
5
Bagaimana teknik pengumpulan data yang dijalankan dalam penleitian tersebut ? Jelaskan pendapatmu.
25

Jumlah
100

Kunci Jawaban
1.   Skripsi tersebut termasuk kedalam penelitian deskriptif bertipe kualitatif karena penelitian menjelaskan masalah atau objek tertentu secara rinci.
2.   Bertujuan memberikan gambaran mengenai usaha/kegiatan pendidikan luar sekolah yang dilakukan oleh rumah singgah, faktor-faktor pendukung dan penghambat pelaksanaan usaha pendidikan luar sekolah, dan manfaat yang diperoleh anak jalanan dari usaha pendidikan luar sekolah yang dilakukan oleh rumah singgah
3. Apa latar belakang berdirinya pendidikan luar sekolah yang diadakan oleh rumah singgah, Siapa saja yang berperan dalam kegiatan pendidikan luar sekolah ini, apakah yang menghambat proses penyelenggaraan pendidikan luar sekolah ini, adakah peran pemerintah dalam penyelengaraan pendidikan luar sekolah ini.
  4. Pengurus kedua rumah singgah dan anak jalanan binaan kedua rumah singgah
5.   Teknik pengumpulan datanya menggunakan metode wawancara terstruktur dan wawancara tidak berencana. Serta hasil observasi dan kajian pustaka. Hal ini dikarenakan pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini berupa deskriptif yang bertipe kualitatif. Pada umumnya penelitian yang bertipe kualitatif menggunakan metode penelitian berupa wawancara, observasi dan kajian pustaka.




Mengetahui,                                                                           
                                                                                                Bogor, 15 Desember 2010
Kepala SMA Negeri 1 Ciampea                                             Guru Bidang Studi



                                                                                                Siti Pridasioni Hartini
NIP.                                                                                        NIM. 4815087282

Tidak ada komentar:

Posting Komentar